gan

Senin, 28 Desember 2009

ACEH DAN GEREJA bag.4

Diposting oleh gan

Wakil Menteri Belanda Berdoa di Gereja Banda Aceh

BANDA ACEH, MINGGU — Wakil Menteri Transportasi dan Pengelolaan Air Belanda, Tineke Huizinga, melakukan kebaktian di Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) di Banda Aceh, Minggu (18/1). Dari Banda Aceh dilaporkan, Wakil Menteri Huizinga beserta rombongan tiba di gereja di kawasan Peunayong itu dan langsung melakukan kebaktian Minggu.

Kedatangan Huizinga yang tidak direncanakan tersebut untuk beribadah, dan mendapat sambutan hangat dari jemaat gereja setempat. Seusai melakukan kebaktian, wakil menteri yang mengenakan kemeja biru muda dan celana putih tersebut, sempat berfoto bersama rombongannya di depan gereja.

Menurut juru bicara Kedutaan Besar Belanda Gonneke de Ridder, yang dihubungi dari Banda Aceh, tidak ada program resmi Wakil Menteri Belanda ini pada hari pertama kunjungannya. "Besok (Senin, 19/1) dia akan mengadakan pertemuan dengan Gubernur Aceh dan dengan kalangan pers serta melakukan kunjungan ke proyek rekonstruksi pascatsunami," katanya.

Wakil Menteri Huizinga dijadwalkan akan meninjau kemajuan proyek rekonstruksi pascatsunami di Banda Aceh dalam rangkaian program kunjungan ke Indonesia yang dijadwalkan berlangsung 18-23 Januari 2009. Dalam kunjungannya di Banda Aceh dan Jakarta, ia akan meninjau berbagai proyek di antaranya pertahanan pesisir (coastal defence), penanganan masalah banjir di daerah perkotaan, air minum, sanitasi, dan perubahan cuaca.

Di Banda Aceh, wakil menteri ini akan mendapat penjelasan mengenai proyek-proyek rekonstruksi, seperti proyek pertahanan pesisir, saluran pembuangan air kota, sistem peringatan dini, penyediaan air minum, dan sanitasi.

Pada kesempatan itu, ia juga akan menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama jangka panjang antara perusahaan air minum Belanda dan Aceh. Belanda merupakan salah satu negara yang ikut membantu Aceh pascatsunami.

Kementerian Lalu Lintas dan Perairan Belanda turut terlibat dalam renovasi pelabuhan Banda Aceh. Pascatsunami kerja sama antara Indonesia dan Belanda semakin erat, dalam kunjungan itu Wakil Menteri Huizinga ingin memperkuat kerja sama tersebut.

BY GAN

0 komentar:

Posting Komentar